Cara Crimping Kabel UTP dengan Conector RJ 45

Kabel UTP atau Unshielded Twisted Pair atau Ethernet Cable atau kita biasa menyebutnya dengan kabel LAN adalah kabel yang digunakan untuk menghubungkan antar peralatan yang berhubungan dengan computer network (komputer, hub, switch, router). Kabel ini bentuknya seperti kabel telefon, hanya lebih besar. Yang dimaksud dengan kabel UTP adalah hanya kabelnya, sedangkan kepala kabelnya adalah 8 position modular connectors (8P8C) yang biasa disebut RJ-45 (RJ=register jack).

  • ALAT DAN BAHAN
  1. Kabel UTP panjang secukupnya
  2. Konektor RJ-45
  3. Crimping Tool
  4. Cable Tester

  • STANDART URUTAN KABEL UTP:

  • Standart TIE/AIE 568 A memiliki kode warna kabel :
  1. Putih Hijau
  2. Hijau
  3. Putih Oranye
  4. Biru
  5. Putih Biru
  6. Oranye
  7. Putih Coklat
  8. Coklat

  • Standart TIE/AIE 568 B memiliki kode warna kabel :
  1. Putih Oranye
  2. Oranye
  3. Putih Hijau
  4. Biru
  5. Putih Biru
  6. Hijau
  7. Putih Coklat
  8. Coklat

  • CARA CRIMPING KABEL UTP:
  1. Siapkan semua alat dan bahan yang diperlukan.
  2. Potonglah ujung kabel UTP sehingga rata, lalu kupas bagian luar kabel / jaket pelindung kabel kira-kira sepanjang 2 cm dengan menggunakan pengupas kabel yang biasanya ada pada crimping tool ( bagian yang seperti 2 buah silet saling berhadapan yang dapat untuk mengupas).
  3. Pisahkan dan kelompokkan empat pasang anak kabel yang ada.
  4. Uraikan secara berurutan pasangan-pasangan kabel tersebbut.
  5. Kelompokkan empat pasang anak kabel yang ada. Susun kabel sesuai dengan keperluan. Untukkonektor pertama selalu susun dengan susunan standart A.
  6. Tarik sedikit semua kabel yang telah dikupas sementara tangan yang satu lagi memegang bagiankabel yang tidak terkupas. Kemudian susun kembali dengan cara memelintir dan membukalilitan pasangan kabel.
  7. Rapikan susunan kabel dengan cara menekan bagian yang dekat dengan pembungkus kabelsupaya susunan kabel terlihat rata.
  8. Potong ujung-ujung kabel yang tidak rata dengan pemotong kabel (bagian yang hanya memilikisatu buah pisau dan satu bagian lagi datar pada crimp tool adalah pemotong kabel) sampai rapi. Usahakan jarak antara pembungkus kabel sampai ujung kabel tidak lebih dari 1cm.
  9. Dengan tetap menekan perbatasan antara kabel yang terbungkus dan kabel yang tidakterbungkus, coba masukan kabel ke konektor RJ-45 sampai ujung-ujung kabel terlihat dibagiandepan konektor RJ-45. Kalau masih belum coba terus ditekan sambil dipastikan posisi kabeltidak berubah.
  10. Setelah yakin posisi kabel tidak berubah dan kabel sudah masuk dengan baik ke konektor RJ-45 selanjutnya masukan konektor RJ-45 untuk di pres,pastikan kembali kabel sudah sepenuhnyamenyentuh bagian RJ-45 dengan cara mendorong kabel ke dalam RJ-45.
  11. Kemudian anda bisa menekan crimp tool sekuat tenaga supaya semua pin RJ-45 masuk danmenembus pelindung kabel UTP yang kecil. Apabila kurang kuat menekan kemungkinan kabelUTP tidak tersobek oleh pin RJ-45 sehingga kabel tersebut tidak konek. Apabila pembungkusbagian luar tidak masuk kedalam konektor RJ-45, dan apabila kabel tersebut sering digerak-gerakan, kemungkinan besar posisi kabel akan bergesar dan bahkan copot.
  12. Untuk konektor kedua lakuakan langkah-langkah seperti diatas, anda pasang konektor keduadengan susunan kabel standart A (anda membuat kabel straight), atau anda pasang konektorkedua dengan susunan kabel standart B (anda memasang kabel cross)
  13. Apabila sudah yakin memasang kabel UTP ke RJ-45 dengan kuaat selanjutnya adalah test dengan menggunakan Cable Tester untuk memeriksa fungsionalitas dan kualitas kabel yang barusan dibuat.
SELAMAT MENCOBA

0 komentar:

Posting Komentar